Siap-Siap Pamer ke Investor, Jokowi Cek Proyek IKN Bulan Depan

Andi M. Arief
24 Januari 2023, 15:01
ikn, ibu kota, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (kanan) dan Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio melihat layar yang menampilkan dunia virtual Jagat Nusantara saat peluncurannya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Presiden Joko Widodo berencana mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Februari 2023. Jokowi akan memeriksa progres pembangunan ibu kota baru.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kunjungan Jokowi bulan depan untuk memastikan semua progres sesuai rencana. Apalagi akan ada kunjungan investor ke IKN pada Juli 2023.

Basuki mengatakan investor akan disuguhi hasil pengembangan lahan dan konektivitas darat di IKN saat tiba di Nusantara. Total lahan yang disiapkan untuk para investor mencapai 700 hektar.

"Sebentar lagi mau cek yang Februari beliau Presiden Jokowi bisa ke sana atau nggak. Belum ada kendala dalam konstruksi," kata Basuki di Outlet Sodetan Sungai Ciliwung, Selasa (24/1).

Sebelumnya, Satuan Tugas atau Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara menargetkan pengembangan lahan di IKN rampung pada kuartal II-2023. Jadwal tersebut bertepatan dengan rencana Jokowi membawa beberapa investor ke IKN Nusantara pada kuartal III-2023.

Pengembangan lahan adalah pembagian lahan sesuai dengan rencana konstruksi sebelum pembangunan dilakukan.  Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara, Danis Sumadilaga, mengatakan saat ini pengembangan lahan dilakukan di kawasan 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP IKN Nusantara dengan luas 700 hektare.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...