Antisipasi Pandemi Berikutnya, Menkes Singgung Film The Last of Us

Andi M. Arief
26 Januari 2023, 13:37
the last of us, menkes, pandemi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk menyaksikan drama The Last Of Us untuk menyiapkan diri menghadapi pandemi selanjutnya. Sebagai informasi, sebagian lokasi pengambilan gambar The Last Of Us diambil di dalam negeri, seperti lobi Kementerian Kesehatan, Jakarta, dan Bali.

Budi mengutip salah satu kalimat yang ia dengar dalam drama tersebut, yakni "To be prepared is the best guarantee to win the pandemi". Artinya, jaminan terbaik untuk menang melawan pandemi adalah menjadi siap.

Advertisement

"Untuk persiapan itu ada film di HBO Go Asia, The Last of Us, nonton deh. Ada dua hal penting itu di sana," kata Budi dalam Rapat Koordinasi Nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023, Kamis (26/1).

Hal pertama yang Budi maksud adalah pandemi berikutnya akan terjadi di Jakarta. Sementara itu, hal kedua yang ditangkap Budi adalah pandemi selanjutnya akan disebabkan oleh patogen yang paling susah diobati.

Budi mengatakan patogen yang dimaksud berasal dari jamur. Sebagai informasi, patogen Covid-19 adalah virus, Tuberkulosis berasal dari bakteri, dan Malaria berasal dari parasit.

Di sisi lain, Budi menyatakan sub-varian Omicron baru, Kraken, telah masuk ke dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mendapatkan vaksinasi Covid-19 ketiga maupun keempat atau booster.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement