Menkes Akan Lobi WHO untuk Akhiri Status Pandemi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
26 Januari 2023, 16:48
who, pandemi, covid-19
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan melobi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencabut status pandemi. Ini karena penularan Covid-19 di banyak negara telah melandai.

Budi berharap pencabutan status ini dilakukan secara pelan-pelan. "Saya akan datang pada bulan Maret untuk bilang Indonesia sudah beres," kata Budi dalam rapat kerja Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta, Kamis (26/1).

Budi mengatakan transisi pandemi artinya pemerintah akan mengurangi intervensi pemerintah. Salah satu yang telah dilakukan adalah menghentikan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Tes juga mau dicabut, surveillance jadi tiap pekan, yang positif tak harus ke rumah sakit," katanya.

Meski demikian, Budi mengimbau masyarakat untuk menyaksikan drama The Last Of Us untuk menyiapkan diri menghadapi pandemi selanjutnya. Sebagai informasi, sebagian lokasi pengambilan gambar The Last Of Us diambil di dalam negeri, seperti lobi Kementerian Kesehatan, Jakarta, dan Bali.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...