Di Depan Airlangga, Ridwan Kamil Pamer Capaian Jabar di Tengah Pandemi

Andi M. Arief
26 Januari 2023, 18:29
ridwan kamil, airlangga hartarto, golkar, covid-19
Youtube/Kemenko Perekonomian
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat Rapat Koordinasi Nasional Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Gedung AA Maramis, Jakarta, Kamis (26/1). Foto: Youtube/Kemenko Perekonomian.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan keberhasilan penanganan Covid-19 dan dampaknya terhadap ekonomi Jabar. Dua hal yang menjadi kunci adalah inisiasi dari pihaknya serta kemampuan berkoodinasi dengan pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Ridwan saat Rapat Koordinasi Nasional Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Gedung AA Maramis, Jakarta, Kamis (26/1). Hadir dalam agenda tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhasil menyuntikkan 880 juta dosis vaksin Covid-19 pada 50 juta penduduknya. Hal tersebut mengakibatkan pemulihan ekonomi di Bumi Pasundan cukup baik.

"Investasi di Jawa Barat lagi tertinggi dalam sejarah padahal lagi resesi dan pandemi Covid-19, yaitu Rp 174 triliun sepanjang 2022. Kemudian pertumbuhan ekonomi di atas nasional dan inflasi juga terjaga," kata Kang Emil di Jakarta, Kamis (26/1).

Selain itu, ia mencatat Jabar merupakan provinsi dengan penurunan angka kemiskinan tercepat di penjuru negeri. Menurutnya, hal tersebut berhasil dilakukan dengan implementasi dukungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan promosi investasi.

"Ini kan track record yang bukan hanya teori. Makanya tadi dikasih panggung sebagai provinsi yang ekonominya melesat, penyebaran Covid-19 terjaga, dan kematiannya rendah," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...