Heru Budi Jelaskan Alasan Utama Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun

Ameidyo Daud Nasution
26 Januari 2023, 19:49
sodetan ciliwung, heru budi, jakarta
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) bersama Wali Kota Jakarta Timur M Anwar (kiri) saat meninjau penataan kawasan hijau di bawah kolong Tol Becakayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu), Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan alasan utama proyek Sodetan Ciliwung mangkrak selama enam tahun. Ia menjelaskan, proyek tersebut terkendala pekerjaan saluran keluar air atau outlet di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur.

Pekerjaan outlet itu bermasalah karena adanya pelebaran saluran hingga kendala pembebasan rumah warga. Padahal, pekerjaan inlet atau saluran masuk penghubung Sungai Ciliwung dan Banjir Kanal Timur telah dikerjakan selama 2013 hingga 2016.

"Secara fisik yang di inlet iya (lancar), tapi secara keseluruhan kan ada beberapa kendala sehingga tidak optimal," kata Heru di Jakarta, Kamis (26/1) dikutip dari Antara.

Selain itu, ada pula data yang harus didetailkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Meski demikian, seluruh kendala tersebut sudah diselesaikan.

Heru mengatakan, saat ini proyek tersebut akan menjalani tes sebelum mulai beroperasi sesuai jadwal. Selain itu, penyambungan dan penutupan untuk kontrol sodetan sedang dibangun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...