Perjalanan Proyek Sodetan Ciliwung Sejak Era Ahok, Anies, hingga Heru

Ameidyo Daud Nasution
27 Januari 2023, 13:45
sodetan ciliwung, anies, ahok, jokowi, heru budi
Katadata
Proyek sodetan Kali Ciliwung di Jakarta Timur, Selasa (24/1). Foto: Andi M. Arief.

Pekerjaan proyek sodetan Sungai Ciliwung menjadi ramai usai tinjauan yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada awal pekan ini. Hal tersebut karena proyek ini sebelumnya mangkrak sejak 2015 dan baru dikerjakan lagi pada 2021.

Jokowi juga kaget karena Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono berhasil menyelesaikan masalah lahan proyek saluran penghubung Ciliwung dengan Banjir Kanal Timur itu. Ia berharap sodetan Ciliwung mampu megurangi banjir di ibu kota.

"Sebentar lagi akan selesai, mungkin April 2023 sudah selesai Sodetan Sungai Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun," kata Jokowi saat mengunjungi Outlet Sodetan Sungai Ciliwung, Selasa (24/1).

Sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersyukur Heru Budi berhasil melanjutkan proyek ini. Ia mengatakan, jika langkah mengantisipasi benjir dilakukan sejak dulu, maka banjir di Jakarta akan berkurang.

"Masalahnya kan enam tahun tidak diapa-apakan," katanya.

Berikut perjalanan proyek ini:

Era Ahok

Proyek ini telah dimulai pada 2015 lalu. Penyelenggaranya adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), namun pembebasan lahan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pekerjaan Sodetan Ciliwung berhenti saat Basuki Tjahaja Purnama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pasalnya, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengabulkan gugatan warga Bidara Cina soal Surat Keputusan Gubernur DKI Nomor 2779 Tahun 2015.

Aturan tersebut berbunyi lahan yang dibebaskan hanya 6.095 meter persegi, berkurang dari 10.359 meter persegi dari SK sebelumnya. Warga protes karena tak ada sosialisasi dari pihak Pemprov terkait pembebasan lahan.

Atas keputusan tersebut, Ahok memutuskan melawan dengan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...