BMKG Prediksi Sejumlah Kota Besar Diguyur Hujan, Ini Daftarnya

Ameidyo Daud Nasution
30 Januari 2023, 07:11
hujan, bmkg, banjir
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Pengendara kendaraan bermotor melintasi genangan banjir di kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah kota besar di Indonesia akan diguyur hujan pada Senin (30/1) siang dan malam hari.

Dikutip dari Antara, BMKG memperkirakan hujan intensitas ringan pada siang hari turun di Bandung, Surabaya, Makassar, Pontianak, Bandar Lampung, Gorontalo, Manado. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur Mataram dan Kupang.

Advertisement

Selain itu, hujan dengan intensitas lebat disertai petir akan mengguyur Kota Banjarmasin dan Ambon siang nanti. BMKG meminta masyarakat dua kota tersebut mewaspadai kemungkinan banjir.

Sedangkan, cuaca DKI Jakarta, Medan, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Palembang, Jayapura, hingga Pekanbaru kemungkinan akan berawan pada siang nanti.

Adapun, hujan dengan intensitas ringan kemungkinan akan terjadi di Bandung, Medan, Manokwari, hingga Palangka Raya. Sedangkan hujan intensitas sedang berpeluang terjadi di Yogyakarta, Bengkulu, dan Mamuju.

Hujan dengan intensitas lebat disertai petir diprediksi mengguyur Kota Bandar Lampung dan Pontianak. BMKG meminta warga dua kota tersebut mewaspadai dampak hujan deras.

Adapun, cuaca berawan diprediksi akan terjadi di Banda Aceh, Serang, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Pekanbaru, Makassar, Manado, hingga Palembang. Sedangkan cuaca DKI Jakarta diperkirakan cerah berawan pada malam hari.

Sebelumnya, BMKG mewaspadai potensi kondisi cuaca ekstrem pada masa pancaroba. Mereka memperkirakan angin kencang, puting beliung, hingga hujan lebat terjadi pada Maret, April, hingga Mei 2023.

"Beberapa wilayah di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara akan mengalami periode transisi sebelum memasuki kemarau pada Juni," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Jumat (27/1).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement