Isu Jokowi Reshuffle Kabinet Menguat, Akan Terjadi Pekan Ini?

Ameidyo Daud Nasution
30 Januari 2023, 19:28
reshuffle, kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Isu reshuffle kembali menguat menjelang Rabu (1/2) yang merupakan Rabu Pon dalam penanggalan Jawa. Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga kerap kali tak membantah saat ditanyakan mengenai kemungkinan perombakan kabinet.  

Kabar perombakan para menteri juga berhembus di tengah posisi partai Nasdem yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada 2024. Meski demikian, pengamat politik mengatakan reshuffle belum tentu terjadi dan menyasar Nasdem. 

Advertisement

Pengamat politik yang juga pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengatakan reshuffle bisa saja terjadi, namun belum tentu menyasar Nasdem. Ini karena Jokowi paham menendang Nasdem hanya akan membuat popularitas partai tersebut dan Anies melonjak.

"Jokowi paham orang Indonesia senang membantu orang-orang yang dizalimi," katanya kepada Katadata.co.id, Senin (30/1).

Hendri menduga pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh di Istana beberapa hari lalu kemungkinan tak membahas reshuffle, namun meluruskan isu yang beredar selama beberapa waktu belakangan.

Ia meyakini kedua tokoh berbicara mengenai alasan Nasdem memilih Anies hingga keberlanjutan pembangunan setelah 2024. "Tentang Anies, saling meluruskan komunikasi," katanya.

Hendri juga memprediksi reshuffle tak akan mengurangi jatah partai politik pendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin. Perombakan juga bisa saja dilakukan untuk mengisi pos wakil menteri.

"Mungkin seperti filosofi sepakbola, gol cantik terjadi di injury time dan dilakukan pemain pengganti," katanya.

Sedangkan pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin juga ragu Jokowi akan merombak kabinet dan menyingkirkan Nasdem. Ini karena Wali Kota Solo itu sudah bertemu dengan Surya untuk berbicara empat mata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement