Gibran Dua Kali Digandeng Megawati, Modal Politik Jelang Pilkada?

Ameidyo Daud Nasution
1 Februari 2023, 16:14
gibran, megawati, pilkada
Youtube/Ganjar Pranowo
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Semarang, Senin (30/1). Foto: Youtube/Ganjar Pranowo

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memperlihatkan sinyal kedekatan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Hal tersebut terlihat saat pelantikan Hevearita G Rahayu sebagai Wali Kota Semarang pada Senin (30/1).

Usai berbicara dengan Ganjar, Megawati sempat menggandeng Gibran usai prosesi. Hal ini menimbulkan spekulasi, apalagi putra sulung Presiden Joko Widodo itu sudah dua kali digandeng Mega.

Sebelumnya, Gibran juga pernah digandeng Mega saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akhir tahun lalu. Pengamat politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Abdul Hakim mengatakan gestur ini mencerminkan Gibran adalah kader penting PDIP.

"Secara internal memberikan sinyal pada kader PDIP agar tidak macam-macam dengan mas Gibran," kata Hakim di Solo, Rabu (31/1) dikutip dari Antara.

Hakim mengatakan saat ini mulai timbul faksi di PDIP, salah satu contohnya saat persaingan Ganjar Pranowo dengan Puan Maharani. Meski demikian, sinyal terbaru Mega kepada Gibran memiliki makna lain.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...