Jokowi Resmikan Bendungan Danu Kerti di Bali, Bisa Cegah Banjir

Andi M. Arief
2 Februari 2023, 13:25
bendungan, jokowi, infrastruktur
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Danu Kerti Buleleng di Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (2/2). Foto; Youtube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Danu Kerti Buleleng di Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (2/2). Bendungan tersebut mulanya bernama Bendungan Tamblang yang mulai dibangun sejak 2018.

Jokowi mengatakan bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung sebesar 5,1 juta meter kubik dengan luas genangan sekitar 29,8 hektar. Bendungan tersebut dapat mengairi jaringan irigasi seluas 588 hektar.

Selain dipakai untuk irigasi, bendungan tersebut dapat digunakan untuk pengendalian banjir.  "Anggaran yang dikeluarkan untuk membangun bendungan ini sebesar Rp 820 miliar. Uangnya banyak sekali," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (2/2).

Sebagai informasi, seluruh anggaran dalam pembangunan Bendungan Danu Kerti berasal dari anggaran negara. Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan Bendungan Danu Kerti dapat mengairi irigasi di Kecamatan Kubutambahan dan Tejakula.

Bendungan tersebut akan mengairi daerah irigasi Bungkulan dan Bulian. Bendungan Danu Kerti juga dirancang untuk menyediakan air baku sebesar 510 liter per detik untuk sekitar 40.000 kepala keluarga.

Berdasarkan laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bendungan Danu Kerti merupakan bendungan pertama yang menggunakan teknologi inti aspal sebagai inti bendungan. Umumnya, komponen konstruksi yang digunakan sebagai inti bendungan adalah tanah liat atau clay.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...