Menlu ASEAN Kumpul di Jakarta Bahas Krisis Politik Myanmar

Andi M. Arief
3 Februari 2023, 15:04
ASEAN, myanmar, menlu
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincanh dengan menteri luar negeri negara-negara ASEAN sebelum melakukan pertemuan pada kunjungan kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi akan menghadiri beberapa pertemuan dengan seluruh menteri luar negeri negara anggota ASEAN. Inti dari pertemuan tersebut adalah membahas strategi mengakhiri krisis politik di Myanmar.

Retno mengatakan pertemuan tersebut akan dimulai pada Jumat (3/2) hingga Sabtu (4/2). Pertemuan pertama akan dilakukan dalam bentuk working class.

"Rangkaian pertemuan para menteri luar negeri negara anggota Asean ini pertemuan besar pertama yang dilakukan di bawah keketuaan Indonesia," kata Retno di Kantor Presiden, Jumat (3/2).

Sebagai informasi, para menteri luar negeri tersebut mengunjungi Istana Negara dan berbicara dengan Presiden Joko Widodo sebelum melakukan working class. Terpantau sebagian menteri luar negeri langsung bertolak ke Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan.

Beberapa menteri luar negeri yang bertahan di Istana Negara  adalah Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith, Sekretaris Jenderal Asean Kao Kim Hourn, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, dan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai.

Dalam kesempatan tersebut, kelima menteri luar negeri tersebut menyampaikan dukungan negara asalnya terhadap keketuaan Indonesia di Asean tahun ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...