Terima Menlu Negara ASEAN, Jokowi Ingatkan Netralitas Kawasan

Andi M. Arief
3 Februari 2023, 14:00
asean, jokowi,
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kelima kiri), Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn (kanan) dan menteri luar negeri negara-negara ASEAN berfoto bersama sebelum melakukan pertemuan pada kunjungan kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Presiden Joko Widodo menerima seluruh Menteri Luar Negeri negara anggota ASEAN hari ini. Salah satu tujuan kunjungan tersebut adalah menyampaikan dukungan dari pemerintahan masing-masing terhadap keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun ini.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengingatkan agar ASEAN tak menjadi perpanjangan tangan negara manapun. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya sentralitas dan kesatuan ASEAN yang perlu dijaga.

Asean tidak boleh menjadi proksi siapapun. "Presiden menekankan pentingnya sentralitas dan kesatuan Asean yang perlu terus dijaga karena ini adalah modal utama Asean," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Presiden, Jumat (3/2).

Retno mengatakan presiden memberi perhatian lebih pada pentingnya penghormatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi, hukum internasional, dan hak asasi manusia sesuai Piagam ASEAN. Hal tersebut dinilai sebagai hal yang penting untuk menjaga sentralitas dan kesatuan negara-negara Asia Tenggara di dunia global.

Pada tahun ini, Indonesia akan fokus pada penguatan kerja sama antar-negara. Salah satunya implementasi local currency settlement berupa QR Code yang dapat digunakan seluruh masyarakat di kawasan.  

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...