Gempa Besar Guncang Turki dan Suriah, Lebih dari 100 Orang Tewas

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2023, 13:48
Dampak gempa skala 7.8 di Gaziantep, Turki, Senin (6/2). Foto: Twitter/Con Sinov.
Twitter/Con Sinov
Dampak gempa skala 7.8 di Gaziantep, Turki, Senin (6/2). Foto: Twitter/Con Sinov.

Gempa magnitudo 7.8 melanda bagian tenggara Turki pada Senin (6/2) pukul 04.17 waktu setempat. Gempa yang terasa hingga Suriah tersebut mengakibatkan lebih dari 100 orang meninggal dunia.

Badan penanggulangan bencana Turki (AFAD) mengatakan 76 orang telah tewas dan 440 terluka dalam gempa besar. Sedangkan otoritas Suriah mengatakan 50 orang meninggal akibat gempa yang sama.

Advertisement

"76 warga kami di Adana, Adiyaman, Malatya, Kahramanmaras, Gaziantep kehilangan nyawa," demikian bunyi pernyataan AFAD dikutip dari The Guardian, Senin (6/2).

Adapun, 42 warga Suriah yang meninggal berada di provinsi yang dikuasai pemerintah setempat. Sedangkan delapan korban lainnya berada di wilayah utara yang dikendalikan faksi pro-Turki.

"42 kematian dan 200 luka-luka dilaporkan berada di Aleppo, Hama, dan Latakia," demikian ujar kantor berita Suriah, Sana.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan dilaporkan telah bertemu dengan gubernur wilayah yang terdampak untuk membahas situasi penanganan dampak gempa. Ia juga menyampaikan belasungkawa dan mengajak masyarakat untuk bersatu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement