Jokowi Puji Jasa NU Tangkal Politik Identitas hingga Paham Ekstrem

Andi M. Arief
7 Februari 2023, 12:10
jokowi, nu, seabad NU
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) menyapa Banser NU saat Puncak Resepsi Harlah 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (7/2/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan Nahdlatul Ulama atau NU telah menjaga negara dari ancaman gerakan-gerakan radikal. Menurutnya, NU merupakan organisasi Islam yang telah mengakar kuat di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Presiden Widodo saat membuka Resepsi Puncak Satu Abad NU di Sidoarjo di Sidoarjo, Jawa Timur. Jokowi mengapresiasi upaya NU untuk membangun peradaban dunia yang lebih baik dan mulia.

Advertisement

"Termasuk menjaga diri dari politik identitas dan ekstremisme," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (2/7).

Selain itu, Jokowi mengatakan NU telah berkontribusi dalam menangani pandemi Covid-19. Seperti diketahui, NU memprioritaskan kebijakan penanganan krisis kesehatan saat pandemi Covid-19 menyerang

Sebelumnya, NU mendorong pemerintah untuk melakukan realokasi anggaran penanganan Covid-19 dan jaring pengaman sosial. Terakhir, sikap NU dalam menangani Covid-19 adalah meminta pemerintah untuk menunda pelaksanaan Pilkada 2020.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement