Jokowi Nilai Turunnya Indeks Korupsi RI Tak Akan Pengaruhi Investasi

Andi M. Arief
7 Februari 2023, 18:42
jokowi, korupsi, investasi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan penurunan indeks persepsi korupsi Indonesia yang dirilis Transparency International Indonesia atau TII tidak akan mempengaruhi investasi. Akan tetapi, Kepala Negara akan menjadikan laporan TII sebagai bahan perbaikan pemerintah.

Jokowi mengatakan telah melakukan rapat sebanyak dua kali untuk membahas laporan TII tersebut. Sebagai informasi, TII menemukan indeks persepsi korupsi Indonesia pada 2022 turun dari 38 pada 2021 menjadi 34.

"Investor akan hitung untung, besar atau enggak besar, Internal Rate of Returnnya berapa, seperti itu. Tapi bahwa itu sedikit mempengaruhi? Iya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (7/2).

Sebelumnya, Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri menyampaikan tingkat korupsi di sebuah negara berkorelasi dengan efisiensi investasi. Menurutnya, saat ini investasi di Indonesia lebih mahal 50% dari pada pemerintahan sebelumnya.

"Pak Presiden Jokowi yakin 40% dari investasi itu bocor.  Di era Pak Jokowi ini untuk bangun satu gedung butuh enam unit modal, sebelumnya cuma empat," kata Faisal dalam Peluncuran Corruption Perception Index 2022, Selasa (31/1).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...