Menkes Siapkan Transisi, Indonesia Menuju Endemi Covid-19 Tahun Ini

Andi M. Arief
8 Februari 2023, 15:13
endemi, covid-19, who
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Pemerintah akan berusaha mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19 tahun ini. Saat ini, Kementerian Kesehatan telah memiliki kerangka kerja transisi menuju endemi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan rencana tersebut telah dibicarakan dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Dengan status endemi, artinya pemerintah akan  mencabut status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat akibat Covid-19 yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020.

Advertisement

"WHO sudah bilang bahwa mereka juga akan mengkaji kondisi Indonesia. Mereka bilang kalau mereka penekanannya mencegah sakit berat kematian akibat Covid-19," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (8/2).

Budi menjelaskan kerangka kerja menuju pandemi dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni meminimalkan penularan virus, mencegah sakit berat dan kematian. Sedangkan dua kerangka kerja tersebut menjadi empat program kerja.

Dalam rangka mengurangi penularan, Budi menyiapkan kegiatan protokol kesehatan dan surveilans. Kedua program kerja tersebut melanjutkan kegiatan selama penanganan Covid-19 yakni kampanye protokol kesehatan dan pemantauan indikator Covid-19 melalui genome sequencing.

Bedanya, masyarakat akan melakukan tes antigen mandiri dengan aplikasi Peduli Lindungi selama masa transisi menuju endemi. Selain itu, Kemenkes akan membangun kesadaran isolasi mandiri di masyarakat jika berkontak erat dengan pasien Covid-19.

Untuk mencegah sakit berat dan kematian akibat Covid-19, program kerja yang akan dilakukan adalah vaksinasi dan terapeutik atau pengobatan. Dalam hal ini, Budi tetap mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi penuh dan memastikan ketersediaan obat serta kapasitas rumah sakit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement