Menkes Pinjam Rp 75 T dari Bank Dunia untuk Tambah RS di Indonesia

Andi M. Arief
8 Februari 2023, 17:35
bank dunia, rumah sakit, menkes
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/hp.
Sejumlah dokter bersiap melakukan operasi katarak di Rumah Sakit Mencirim 77, Medan, Sumatera Utara, Kamis (24/11/2022).

Pemerintah akan meminjam dana US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 75 triliun (kurs Rp 15.122) kepada Bank Dunia. Dana tersebut akan digunakan untuk melengkapi semua kabupaten/kota dengan rumah sakit tingkat madya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan rencana pengajuan pinjaman tersebut sedang diajukan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada bulan ini. Ia menargetkan pinjaman tersebut disetujui oleh Bank Dunia pada Maret 2023.

Advertisement

"Kami butuh US$ 5 miliar untuk menyelesaikan ini. Kami bilang dana ini enggak gede," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (8/2).

Mayoritas dana pinjaman tersebut akan disalurkan ke daerah dalam bentuk Dana Alokasi Khusus. Kemenkes juga berencana mengedukasi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas rumah sakit. Pemda hanya fokus menangani kesehatan dari sisi permintaan atau pembiayaan kesehatan pada masyarakat.

"Anggaran pemerintah daerah dipakai untuk subsidi Universal Health Care, tapi enggak ada rumah sakitnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement