Jumlah Korban Gempa Turki Nyaris 10 Ribu Orang, Dua WNI Meninggal

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2023, 18:48
Gempa turki, turki, gempa
Katadata
Bangundan terdampak gempa turki.

Jumlah korban jiwa gempa Turki semakin bertambah hingga hampir mencapai 10 ribu orang. Total sudah ada 9.600 orang yang meninggal akibat gempa magnitudo 7.8 melanda wilayah selatan Turki pada Senin (6/2).

Angka tersebut terdiri dari 7.100 korban di Turki dan 2.500 orang di Suriah. Saat ini tim penyelemat masih berusaha mencari korban yang tertimpa puing-puing bangunan.

Tantangan dalam pencarian terjadi di Suriah, negara yang masih dilanda konflik. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut upaya penyelamatan berpacu dengan waktu.

"Jumlah (korban) diperkirakan meningkat secara signifikan karena keberadaan ratusan keluarga di bawah reruntuhan lebih dari 50 jam setelah gempa," bunyi pernyataan resmi layanan keselamatan Suriah seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/2).

Gempa ini juga menjadi tantangan pemerintahan Presiden Turki, Recep tayyip Erdogan. Sebagai informasi, gempa ini merupakan yang paling mematikan sejak 1999.

Erdogan juga telah menetapkan 10 provinsi dalam situasi darurat. Sang Presiden juga telah mengunjungi Kahramanras untuk memantau proses penyelamatan korban gempa di wilayah tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...