Jakarta dan Kota Besar Lain Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2023, 08:45
jakarta, hujan, banjir
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Gedung bertingkat terlihat samar saat hujan di Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia pada Minggu (12/2). Hujan ringan diperkirakan akan mengguyur Jakarta hari ini.

Dikutip dari Antara, hujan ringan juga berpotensi terjadi di Kota Medan, Semarang, Pekanbaru, Padang, dan Tanjungpinang. Kota lain yang diperkirakan diguyur hujan ringan adalah Banjarmasin, Jayapura, Ambon, dan Gorontalo.

Advertisement

Sedangkan hujan intensitas sedang dan lebat berpotensi terjadi di Palembang, Denpasar, Bandung, Bandar Lampung, Ternate, Mataram, dan Bengkulu. Adapun, hujan dengan petir berpotensi terjadi di Surabaya, Samarinda, Palu, Kupang, dan Jambi.

BMKG memperingatkan warga di kota-kota besar tersebut untuk mewaspadai dampak hujan yakni genangan dan banjir.

Sementara, hujan telah mengguyur Jakarta sejak Sabtu (11/2) malam hingga pagi ini. Meski demikian, hampir seluruh pintu air yang ada di ibu kota masih berstatus Siaga 4 atau normal.

Satu-satunya pintu air sungai dengan status Siaga 2 atau Siaga adalah Pintu Air Pasar Ikan. Sementara, Pintu Air Katulampa, Bogor hingga pukul 08.00 WIB masih berstatus Siaga 4 atau Normal.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan total kerusakan dan kerugian akibat bencana hidrometeorologi periode 2018-2022 mencapai Rp 31,5 triliun.  Namun, tren bencana hidrometeorologi di Indonesia meningkat selama 10 tahun terakhir.

Pada 2011, BNPB menghitung terjadi 1.619 bencana. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan sudah mencapai 5.402 bencana di 2021. 

“Bencana hidrometeorologi di 2022 sempat turun menjadi 3.544 bencana. Tetapi memang trennya cenderung naik dari tahun ke tahun,” ujar Kepala Komunikasi Kebencanaan BNPB Dodi Yuelova, Rabu (8/2).


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement