Sepekan Usai Balon Cina, AS Tembak Objek Tak Dikenal di Atas Kanada

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2023, 10:59
balon cina, amerika serikat, f22 raptor
ANTARA FOTO/REUTERS/U.S. Air Force Central Command/Anthony Nin Leclerec/Handout /FOC/dj
HIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY Raptor F-22 Angkatan Udara AS, ditugaskan di Sayap Tempur Kesatu, lepas landas dari jalur penerbangan di Pangkalan Udara Langley Eustis, sebagai dukungan penempatan untuk Uni Emirat Arab, di Virginia, Amerika Serikat, dalam foto yang diambil pada Kamis (10/2/2022) dan disiarkan Angkata Udara AS pada Sabtu (12/2/2022).

Jet tempur F-22 Raptor milik Amerika Serikat menembak jatuh sebuah objek silinder tak dikenal di atas Kanada pada Sabtu (11/2). Ini merupakan kedua kalinya AS menembak jatuh objek melayang usai balon mata-mata Cina pekan lalu.

Militer AS juga mengerahkan jet tempur ke Negara Bagian Montana untuk menyelidiki adanya anomali radar. "Pesawat tak mengidentifikasi objek apapun yang berkorelasi dengan serangan radar," bunyi keterangan Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) dalam sebuah pernyataan pada Minggu (12/2) dikutip dari Reuters.

Advertisement

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjelaskan objek yang ditembak F-22 tersebut berada di wilayah Yukon bagian utara. Saat ini pasukan Kanada akan menganalisa pecahan objek tersebut.

Sedangkan Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand menolak berspekulasi soal objek tersebut. Anand mengatakan ukuran objek tersebut lebih kecil dari balon Cina yang ditembak jatuh pekan lalu meski penampilannya serupa.

"Tak ada alasan untuk percaya bahwa dampak dari objek ini akan menjadi perhatian publik," kata Anand.

Jet tempur AS memantau objek tersebut saat melintasi wilayah udara Kanada. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden memberi wewenang kepada militer untuk bekerja sama dengan Kanada untuk menjatuhkan objek tak dikenal di ketinggian.

"F-22 menembak jatuh menggunakan rudal AIM 9X setelah koordinasi erat otoritas AS dan Kanada," kata Juru Bicara Pentagon Brigjen Patrick Ryder.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement