BPK Periksa Laporan Keuangan Kemenkes, Dana Covid-19 jadi Fokus

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2023, 15:18
BPK, kemenkes, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Petugas kesehatan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran menyiapkan ruangan IGD di Tower 6 RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (31/12/2022).

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memulai pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan tahun 2022. Pemeriksaan akan fokus pada beberapa poin, di antaranya program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Hal ini disampaikan Anggota VI BPK Pius Lustrilanang saat entry meeting di kantor pusat BPK, Minggu (12/2). Hadir dalam acara tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Beberapa di antaranya berupa pembayaran klaim Covid-19, pembayaran insentif tenaga kesehatan, serta vaksinasi," kata Pius di Jakarta, Minggu (12/2) dikutip dari Antara.

Poin kedua, pemberian bantuan pemerintah berupa uang dan barang kepada pemerintah daerah. Salah satunya adalah belanja untuk menurunkan prevalensi stunting.

Poin ketiga, pembayaran iuran penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal lainnya adalah implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

Poin keempat, penerapan Standar Audit (SA) 600 pada Badan Layanan umum (BLU) di lingkungan Kemenkes yang telah diaudit Kantor Akuntan Publik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...