Kemenkes Kirim 65 Dokter hingga Perawat untuk Bantu Korban Gempa Turki

Ameidyo Daud Nasution
12 Februari 2023, 16:35
Tim tenaga medis dari Kemenkes saat bersiap berangkat menuju Turki, Sabtu (11/2). Foto: Kementerian Kesehatan.
Kementerian Kesehatan
Tim tenaga medis dari Kemenkes saat bersiap berangkat menuju Turki, Sabtu (11/2). Foto: Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan mengirimkan tim medis dan logistik tahap awal untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah. Bantuan yang dikirimkan terdiri dari 65 tenaga medis dan 2,5 ton logisik kesehatan.

Upacara pelepasan bantuan dilaksanakan di Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (11/2). Sedangkan tim medis akan berangkat pada Senin (13/2).

"Satu kloter dengan pesawat khusus," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Sumarjaya dalam keterangan tertulis, Minggu (12/2).

Tenaga medis yang dikirim terdiri dari dokter spesialis, tenaga kesehatan, dan tenaga pendukung kesehatan. Dokter spesialis yang meluncur adalah spesialis bedah, orthopedi, ahli pediatri, ahli anestesiologi, spesialis kandungan, psikiater, dan spesialis emergensi.

Tenaga kesehatan yang dikirim terdiri dari dokter umum, perawat kamar bedah, perawat Instalasi Gawat Darurat (IGD), psikolog, bidan, epidemiolog, hingga ahli gizi. Sedangkan tenaga pendukung terdiri dari tenaga di bidang administrasi, psikolog, dan koordinator kesehatan.

Tim Kemenkes akan bergabung dengan 39 tenaga medis dari TNI, Polri, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dengan tambahan itu, maka total tenaga medis yang dikirimkan Pemerintah mencapai 104 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...