Kejaksaan Periksa Sekretaris Dirut BAKTI Kominfo dalam Kasus BTS

Ameidyo Daud Nasution
13 Februari 2023, 20:24
BAKTI kominfo, kejaksaan, korupsi
ANTARA/Putu Indah Savitri
Tangkapan layar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana (kiri) dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Pressroom Puspenkum Kejaksaan Agung RI Jakarta, Selasa (31/5/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

Penyidik Kejaksaan Agung memeriksa Sekretaris Umum Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika hari ini. Pemeriksaan saksi bernama Jennifer ini terkait dugaan korupsi dalam penyedia infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan pendukung paket proyek BAKTI.

Total ada lima saksi yang diperiksa hari ini terkait kasus BAKTI Kominfo. Empat saksi lain yang menjalani pemeriksaan adalah Andromeda Tatianasari selaku karyawan PT Wesolve Solusi Indonesia, Widya Sulistyarini selaku Tim Invoice Admin PT Huawei Tech Investment, Gregorius Aleks Plate dari pihak swasta, dan Topo Waspodo selaku tenaga pemasaran PT Duta Putra Ramadhan.

Advertisement

"Lima saksi diperiksa terkait perkara tersangka AAL, GMS, MS, YS, dan IH," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana di Jakarta, Senin (13/2) dikutip dari Antara.

Nama Gregorius Aleks Plate diperiksa untuk kedua kalinya hari ini. Sebelumnya, adik Menteri Komunikasi dan Informatika itu telah menjalani pemeriksaan pada Kamis (26/1).

"Dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara," kata Ketut.

Hingga saat ini, penyidik kejaksaan telah memeriksa lebih dari 50 saksi dan mencekal 23 saksi. Sedangkan lima orang sudah menjadi tersangka kasus ini, termasuk Direktur Utama BAKTI Anang Latif

Besok, penyidik akan meminta keterangan Menkominfo Johnny Plate. Johnnya awalnya dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Kamis (9/2), namun urung datang karena menghadiri perayaan Hari Pers Nasional di Medan.

Sedangkan Presiden Joko Widodo mengomentari pemanggilan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Ia meminta seluruh pihak, termasuk Plate menghormati proses yang berjalan.

Johnnya juga telah mengonfirmasikan niatnya untuk hadir dalam pemeriksaan pekan ini. “Jika dibutuhkan keterangan maka akan hadir pada jadwal yang sesuai,” ujar politisi NasDem tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement