Pilot Susi Air Disandera, Jokowi Belum Tetapkan Darurat Sipil di Papua

Ameidyo Daud Nasution
15 Februari 2023, 11:08
susi air, papua, jokowi
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Aparat gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Polri masih mencoba membebaskan pilot Susi Air yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Meski demikian, Presiden Joko Widodo tak menetapkan darurat sipil di Papua.

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani mengatakan penindakan KKB masih dilakukan dalam kerangka penegakkan hukum yang telah ada.

Advertisement

"Hingga saat ini tidak ada penetapan darurat sipil oleh Presiden," kata Jaleswari di Jakarta, Selasa (14/2) dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Lodewijk F. Paulus mengatakan Papua saat ini berstatus darurat sipil karena serangan KKB di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan. Ia menjelaskan, dengan status tersebut, maka pertanggungjawaban penguasa darurat sipil adalah Polri.

Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY hilang kontak pada Selasa (7/2) pukul 6.35 WIT di Bandara Paro. Lima penumpang telah dievakuasi, namun pilot bernama Philip Max Marthin belum juga ditemukan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement