Menang Voting, Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Ameidyo Daud Nasution
16 Februari 2023, 12:57
erick thohir, ketum pssi, pssi
Instagram/Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua dari kanan) bersama Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (kedua dari kiri) di KLB PSSI, Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2). Foto: Instagram/Erick Thohir.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memenangkan pemilihan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Indonesia (PSSI). Dalam Kongres Luar Biasa PSSI, Erick mendapatkan 64 suara voters atau pemegang hak suara.

Erick mengalahkan La Nyalla Mattalitti yang hanya mendapatkan 22 suara. Adapun dua nama lainnya yakni Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono tak mendapatkan satu suara pun.

Advertisement

"Dengan demikian ketua umum PSSI Terpilih periode 2023-2027 adalah Bapak Erick Thohir," ujar Ketua Komite Pemilihan (KP) Amir Burhanuddin saat membacakan hasil pengumuman pemilihan ketum PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

KLB ini diikuti 86 pemegang hak suara. Rinciannya ada 34 asosiasi provinsi, 18 klub liga 1, 15 klub liga 2, 16 klub liga 3, federasi futsal, asosiasi pelatih, dan asosiasi sepak bola wanita.

Proses pemilihan berlangsung sekitar 38 menit, dimulai pada pukul 11.40 WIB dan berakhir pukul 12.18 WIB. Setelah ini, proses akan dilanjutkan untuk calon wakil ketua umum dan komite eksekutif (exco).

Usai diumumkan, Erick langsung mengunggah foto di akun Instagramnya. Ia juga berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pemegang suara.

"Insya Allah sama-sama kita benahi sepak bola Indonesia," ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement