Biaya Haji Tahun Ini Rp 49,8 Juta, DPR Upayakan 2024 Lebih Murah Lagi

Andi M. Arief
16 Februari 2023, 16:43
biaya haji, haji, dpr
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Umat Islam berjalan keluar masjid usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22).

Kementerian Agama dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menetapkan biaya haji tahun ini senilai Rp 49,8 juta per jemaah. Meski demikian, DPR akan berusaha menekan Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau BPIH untuk tahun depan. 

Anggota Komisi VII DPR Maman Imanul Haq mengatakan DPR akan kembali memeriksa biaya yang dikeluarkan untuk BPIH 2024. Ia mengupayakan angka BPIH yang ideal bagi masyarakat.

"BPIH untuk tahun ini sudah final, tapi untuk selanjutnya Komisi VIII punya komitmen untuk melakukan penyisiran di biaya-biaya itu," kata Maman di Gedung DPR, Kamis (16/2).

Maman mencontohkan biaya katering yang seharusnya dapat ditekan dari 18,5 Riyal menjadi 15 Riyal setelah pajak. Menurutnya, keputusan Komisi VIII untuk menyetujui BPIH 2023 condong ke arah keputusan politik lantaran DPR harus masuk masa reses.

Maman menilai tingginya BPIH tahun ini disebabkan oleh minimnya sumber daya manusia pemerintah untuk bernegosiasi dengan pihak Arab Saudi. Menurutnya, tenaga kerja pemerintah hanya menghitung BPIH dari atas kertas, sedangkan pihak Arab Saudi dapat menggodok BPIH yang ditawarkan secara riil di lapangan.

"Kata kuncinya, kita tidak memiliki sumber daya manusia yang kuat untuk negosiasi soal satuan harga di komponen BPIH," kata Maman.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...