Kemenkes Gandeng Lembaga Asal AS untuk Kawal Transisi Endemi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2023, 17:29
endemi, kemenkes, covid-19
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 penguat (booster) kedua atau dosis keempat kepada seorang warga di UPT Puskesmas Sukagalih, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/1/2023).

Kementerian Kesehatan menggandeng sejumlah lembaga internasional untuk membimbing Indonesia memasuki endemi Covid-19. Sejumlah lembaga yang dilibatkan adalah Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan EpiC Indonesia.

Lembaga tersebut digandeng untuk menyiapkan transisi menuju endemi corona. Mereka juga akan memberikan bantuan alat untuk mitigasi Covid-19.

Advertisement

EpiC dan USAID mengajak masuk ke era endemi sehingga usulan Indonesia untuk mencabut pandemi segera terwujud," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril di Jakarta, Jumat (17/2) dikutip dari Antara.

Saat ini pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).Beberapa indikator juga terus menunjukkan penurunan kasus Covid-19.

Apalagi sebanyak 99% populasi Indonesia saat ini sudah memiliki antobodi Covid-19. "Parameter kasus tetap terkendali meskipun terjadi gejolak kasus di luar negeri," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement