Rayakan HUT ke-266, Pura Mangkunegaran Adakan Lomba Lari dan Konser

Andi M. Arief
20 Februari 2023, 15:17
Konferensi Pers Pura Mangkunegaran Run di Jakarta, Selasa (20/2). Foto: Katadata/Eka F.
Katadata/ Eka F
Konferensi Pers Pura Mangkunegaran Run di Jakarta, Selasa (20/2). Foto: Katadata/Eka F.

Pura Mangkunegaran akan mengadakan lomba lari dengan rute yang mengelili Kota Solo pada Maret 2023 dan konser musik. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati hari jadi Pura Mangkunegaran ke=266.

Seperti diketahui, Pura Mangkunegaran adalah salah satu kerajaan penerus dinasti Mataram Islam yang berdiri pada 17 Maret 1757. Saat ini, Pura Mangkunegaran merupakan pusat kebudayaan Jawa dan wadah untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X mengatakan lomba lari dan konser musik merupakan medium yang dapat mengamplifikasi kegiatan kebudayaan, khususnya Budaya Mangkunegaran. Menurutnya, kedua acara tersebut dapat memperkenalkan Budaya Mangkunegaran ke masyarakat luas

"Khususnya untuk generasi muda seperti generasi saya dan ke bawah," kata Kanjeng Gusti dalam konferensi persi, Senin (20/2).

Kanjeng Gusti mengatakan perayaan hari jadi Pura Mangkunegaran dibuka untuk masyarakat luas. Pasalnya, salah satu dasar kegiatan tersebut adalah menjunjung kebersamaan.

"Karena kami percaya kebudayaan itu milik bersama. Sejarah kita lestarikan dan kita jaga bersama juga," kata Kanjeng Gusti.

Direktur SISI+ Katadata Marah Adikha mengatakan total peserta yang dapat mengikuti ajang lomba lari dan konser musik tersebut lebih dari 10.000 orang. Secara rinci, total peserta lomba lari ditargetkan mencapai 2.500 orang, sementara tiket yang dijual dalam konser musik adalah 8.000 unit.

Andikha mengatakan hampir 2.000 orang telah mendaftarkan diri sebagai peserta lomba lari tersebut atau Run in Solo pada 12 Maret 2023. Ia mengatakan tiket konser musik atau Laras Hari Mangkunegaran akan dijual secara bertahap.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...