Reshuffle Menguat Usai Rencana Menpora Mundur, Siapa Kandidat Terkuat?

Ameidyo Daud Nasution
21 Februari 2023, 16:40
reshuffle, menpora, menteri
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Wacana reshuffle kabinet kembali muncul usai Zainudin Amali berniat mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Amali menyatakan ingin fokus menjalankan jabatan barunya sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Amali telah menyampaikan niatnya mundur dari kabinet kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden pun mengabulkan permintaan politisi Golkar tersebut meski sebelumnya menyatakan tak akan mereshuffle Amali dan Erick Thohir.

"Penggantinya, kalau sudah ada (surat) resminya baru saya bicara," kata Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta, Selasa (21/2) dikutip dari Antara.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga masih menunggu arahan Jokowi terkait kepastian mundurnya Amali dari Menpora. Ia juga menilai soal penggantinya adalah hak prerogatif Jokowi.

"Kita tunggu arahan Bapak Presiden," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2).

Sejumlah nama mulai muncul sebagai pengganti Amali sebagai Menpora. Dari informasi yang beredar, nama Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengemuka sebagai calon penggantinya.

Namun, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin mengaku belum mendapatkan informasi soal pengganti Amali. "Belum tahu," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (21/2).

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...