Survei Kurious: Faktor Agama Tak Jadi Alasan Utama Pilih Capres

Andi M. Arief
21 Februari 2023, 17:04
agama, survei, capres
Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada perlombaan 17-an Narasi, Sabtu (20/08/2022).

Faktor agama ternyata tidak menjadi alasan utama dalam menentukan pilihan calon presiden pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Karakter yang paling diperhitungkan dalam menentukan calon presiden adalah merakyat.

Hal tersebut ditunjukkan dari survei yang dilakukan Kurious pada 3 Februari hingga 12 Februari 2023 lalu. Sebagai informasi, Kurious adalah panel survei online yang dikelola oleh Katadata Insight Center (KIC).

Advertisement

Survei dilakukan kepada 612 responden dengan metode Computer Assisted Web Interview (CAWI). Survei yang dilakukan pada 3 Februari hingga 12 Februari ini memiliki margin of error 3,96% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei tersebutmenemukan empat karakter yang menjadi pertimbangan utama responden. Sebanyak 69,6% responden berharap bisa memilih capres dan calon wakil presiden yang merakyat.

Sedangkan 65,7% responden ingin mendapatkan capres yang cerdas. Di bawahnya adalah 63,8% responden yang menginginkan capres dengan kinerja terbukti.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement