Tim SAR Berhasil Evakuasi Kapolda Jambi dari Insiden Hutan Kerinci

Ameidyo Daud Nasution
21 Februari 2023, 18:52
kapolda jambi, kerinci, evakuasi
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/foc.
Tim SAR gabungan TNI, Polri, dan Basarnas bersiap di samping Helikopter AW189 milik Polri untuk mengevakuasi korban kecelakaan heli yang ditumpangi Kapolda Jambi di Kerinci dari Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023).

Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Pol. Rusdi Hartono telah berhasil dievakuasi dari Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi. Ia dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan dari titik pendaratan ke posko Merangin.

Hal tersebut dibagikan oleh Instagram Divisi Humas Polri, Selasa (21/2). Tampak dalam video tersebut, Rusdi yang berada di atas tandu dinaikkan bersama-sama personel TNI ke helikopter.

"Momen detik-detik Kapolda Jambi Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si., berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan," demikian bunyi pernyataan Divisi Humas Polri.

Sebelumnya, Tim SAR telah mengevakuasi Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Muchael Bumbunan, Co Pilot AKP Amos F Sitompul, ADC Kapolda Briptu Aditya.

Petugas sedianya akan mengevakuasi Rusdi terlebih dulu, namun Kapolda menolak. "Beliau lebih mendahulukan anggotanya dulu," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan dikutip dari Antara, Selasa (21/2).

Proses evakuasi telah dimulai lagi sejak pukul 06.00 WIB dengan enam helikopter. Petugas berlomba dengan cuaca dan jarak pandang akibat kabut dalam pencarian Rusdi.

Bahkan, Kapolri sempat mengupayakan modifikasi cuaca untuk menghalau kabut. Apalagi pencarian lebih efektif dilakukan dari udara ketimbang darat yang bisa memakan waktu 12 jam berjalan kaki.

"Memang butuh langkah-langkah yang khusus supaya tidak menambah cidera di sisi lain juga bisa berjalan dengan baik," kata Kapolri.

Sebelumnya, helikopter yang membawa Rusdi dan rombongan pejabat Polda Jambi mendarat darurat karena gangguan cuaca buruk pada Minggu (19/2). Ia sedianya hadir sebagai undangan proyek PLTA di Kerinci dan meresmikan Sentra Pelayanan Terpadu Polres Kerinci.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...