TNI AU Terima 5 Pesawat Super Hercules Baru, Mampu Terbang Lebih Jauh

Andi M. Arief
22 Februari 2023, 12:01
Super Hercules, tni au, hercules
Lockheed Martin.
Super Hercules buatan Lockheed Martin.

TNI Angkatan Udara atau AU telah menerima lima unit pesawat angkut taktis model C-130J-30 Super Hercules buatan Lockheed Martin. Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis di Georgia, Amerika Serikat kemarin, Selasa (21/2).  

Sebagai informasi, C-130 adalah kode bagi pesawat Hercules yang umumnya digunakan oleh TNI AU. Lockheed Martin mendata TNI AU menjadi salah satu operator pesawat Hercules terlama di dunia.

Vice President and General Manager, Air Mobility, & Maritime Missions Programs Lockheed Martin Rod McLean mengatakan Super Hercules dapat mengemban segala macam tugas di sejumlah medan.

"Awak TNI Angkatan Udara telah lama mempercayai C-130 untuk mendukung berbagai misi yang paling menantang bagi Indonesia dan negara-negara Pasifik lain," kata McLean dalam keterangan resmi, Rabu (22/2).

McLean menjelaskan pesawat Super Hercules memiliki peningkatan sejumlah fitur, seperti kapasitas kargo, kecepatan, jangkauan, tenaga, kinerja, dan biaya operasional yang lebih hemat dibandingkan pesawat Hercules.

Dalam paparan Lockheed, Super Hercules memiliki beberapa keunggulan dari Hercules. Keunggulan terbesar pesawat tersebut adalah dapat mengangkut 55% kargo lebih banyak dengan ketinggian 2.500 nautical mile (NM).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...