Jokowi Bertemu Menlu Cina, Minta Impor dari Indonesia Diperbesar

Andi M. Arief
22 Februari 2023, 17:44
jokowi, cina, menlu
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima para duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Cina Qin Gang di Istana Merdeka hari ini, Rabu (22/2). Tujuan kunjungan tersebut adalah peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Negeri Panda.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kunjungan tersebut merupakan kunjungan resmi perdana Menteri Qin Gang setelah dilantik akhir 2022. Salah satu yang jadi pembahasan adalah soal perdagangan.

"Termasuk untuk memperbesar impor dari Indonesia terutama untuk produk-produk pertanian," kata Retno seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/2).

Retno menyampaikan Cina merupakan mitra dagang terbesar Indonesia sampai saat ini. Oleh karena itu, Retno mengatakan Presiden Jokowi mengingatkan Menteri Qin Gang pentingnya kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

Retno mengatakan neraca perdagangan antara Indonesia dan Cina semakin seimbang. Kementerian Perdagangan mendata defisit neraca perdagangan Indonesia terhadap Cina konsisten menyusut sejak 2018.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...