Setop Ekspor Bauksit, Jokowi Targetkan Produksi Panel Surya Akan Naik

Andi M. Arief
22 Februari 2023, 18:01
bauksit, jokowi, ekspor
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2023 di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (9/2). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menargetkan performa ekspor panel surya akan meningkat dalam waktu dekat. Salah satu strategi yang digunakan adalah menghentikan izin ekspor bauksit mulai Juni 2023.

Secara sederhana, komponen yang dibutuhkan dalam membuat panel surya adalah aluminium, kaca, dan sel panel surya. Dalam hal ini, aluminium menjadi kerangka seluruh komponen yang ada dalam panel surya.

Advertisement

"Nilai tambah bauksit jadi panel surya bisa bertambah 194 kali lipat. Bayangkan," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (22/2).

Sebagai informasi, bauksit merupakan bahan baku pembuatan aluminium. Adapun, bahan yang digunakan dalam kerangka panel surya adalah aluminium beranoda.

Jokowi sebelumnya mengayakan Indonesia saat ini menjadi eksportir bijih bauksit terbesar ketiga di dunia. Sementara itu, performa ekspor panel surya dari dalam negeri ke pasar ekspor menduduki peringkat ke-31.

Di sisi lain, Cina merupakan eksportir bijih bauksit terbesar ke-18 , namun menjadi eksportir panel surya terbesar di dunia. Presiden Jokowi menyimpulkan 90 persen bauksit yang diekspor Indonesia diserap oleh produsen panel surya di Negeri Panda.

"Mau kita teruskan? Oleh sebab itu, bauksit kita stop pertengahan tahun ini," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement