Kumpulkan Menteri, Jokowi Perintahkan Jaga Harga Beras Jelang Ramadan

Andi M. Arief
24 Februari 2023, 17:53
jokowi, beras, ramadan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Presiden Joko Widodo memerintahkan para menteri untuk menjaga harga beras menjelang Ramadan 2023. Selain itu, Jokowi juga meminta harga cabai, daginf, dan bawang putih juga dijaga.

Jokowi bahkan memanggil sejumlah pejabat ke Istana hari ini untuk membahas pasokan pangan saat Ramadan. Beberapa yang hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

"Arahan pak presiden: masuk puasa dan lebaran 2023 semua barang pangan sudah ada. Beliau memang agak keras untuk memastikan stok pangan ada," kata Arief di Kompleks Istana Merdeka, Jumat (24/2).

Salah satu strategi yang disiapkan Badan Pangan adalah menaikkan harga gabah kering panen atau GKP yang dapat diserap Perum Bulog. Dengan merevisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24 Tahun 2020, kini harga GKP yang dapat dibeli Bulog naik dari Rp 4.200 menjadi Rp 4.650 per kilogram (Kg).

Sebagai informasi, petani telah meminta agar harga GKP disesuaikan menjadi di atas Rp 5.000 per Kg. Arief mengatakansebagian penggiling padi besar meminta agar harga GKP di atas Rp 6.000 per Kg.

"Begitu harga GKP di atas Rp 6.000 per Kg, kira-kira bisa harga beras inflasinya bagus? Susah," ujar Arief.

Arief mengatakan harga GKP serapan Bulog yang baru masih membuat petani untung tanpa menjadikan harga beras tinggi. Jokowi juga telah memerintahkan Bulog untuk bersiap menyerap gabah salam Panen Raya 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...