Jokowi Perintahkan Kebut Impor Daging demi Jaga Harga

Andi M. Arief
24 Februari 2023, 18:47
daging, jokowi, impor
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/rwa.
Pedagang memotong daging sapi pesanan pembeli di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (27/5/2022).

Presiden Joko Widodo meminta impor daging kerbau dan daging sapi segera dipercepat. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan harga daging.

Total daging kerbau dan sapi yang akan diimpor sepanjang tahun ini mencapai 200.000 ton. Secara rinci, Perum Bulog akan mengimpor 100 ribu ton. Sementara itu, importasi daging sapi ditugaskan pada PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food sebanyak 100.000 ton.

"Presiden menugaskan Menteri Pertanian mempercepat rekomendasi teknis impor daging sapi, sehingga bisa lanjut persetujuan  dari Menteri Perdagangan," kata Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Kompleks Istana Merdeka, Jumat (24/2).

Arief menyampaikan proses impor tersebut akan bertahap sepanjang 2023. Menurutnya, pemesanan daging impor yang ideal adalah sekitar tiga bulan.

Badan Pangan melaporkan negara sumber impor daging kerbau adalah India. Sementara itu, pemerintah masih mengkaji negara sumber impor untuk daging sapi tahun ini.

Pada 2022, negara sumber impor daging sapi adalah Brasil. Pemilihan Negeri Samba lantaran harga daging sapi dari Australia terlampau tinggi. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh bencana banjir yang melanda Negeri Kangguru.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...