Sri Mulyani Minta Dirjen Pajak Jelaskan Sumber Harta Kekayaannya

Ameidyo Daud Nasution
26 Februari 2023, 19:24
sri mulyani, pajak, dirjen pajak
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Menteri Keuangan Sri Mulyani berbicara dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/12/2022).

Menteri Keuangan Sri Mulyani memerintahkan Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo untuk menjelaskan sumber kekayaannya kepada masyarakat. Hal ini setelah beredar foto Suryo mengendarai motor gede (Moge).

"Jelaskan  kepada masyarakat/publik mengenai jumlah Harta Kekayaan Dirjen Pajak dan dari mana sumbernya seperti yang dilaporkan pada LHKPN," kata Sri Mulyani dalam akun Instagramnya, Minggu (26/2).

Suryo mengendarai motor besar bersama klub motor Ditjen Pajak yang bernama BlastingRijder DJP. Sri Mulyani juga menginstruksikan agar Suryo membubarkan klub tersebut.

Menurutnya, mengendarai dan memamerkan Moge bagi pejabat/pegawai pajak dan Kementerian Keuangan telah melanggar azas kepatutan dan kepantasan publik.

"Ini mencederai kepercayaan masyarakat," kata Sri Mulyani.

Dirjen Pajak Suryo Utomo
Dirjen Pajak Suryo Utomo (Adi Maulana Ibrahim|Katadata)

Sri Mulyani tengah terus menyoroti internal Ditjen Pajak usai adanya temuan harta jumbo Rafael Alun Trisambodo. Kekayaan mantan Kabag Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II ini mencapai Rp 56 miliar dalam laporan 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...