Jokowi Puji Balapan F1 Powerboat Danau Toba Meski Ada Kekurangan

Ameidyo Daud Nasution
26 Februari 2023, 21:03
jokowi, f1 powerboat, danau toba
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Presiden Joko Widodo (bawah) berjabat tangan dengan pebalap tim Stromoy Racing, Bartek Marszalek (kedua kiri) saat penyerahan trofi sesi balap pertama pada putaran pertama Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Minggu (26/2/2023).

Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri ajang balap F1 Powerboat di Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memuji balapan tersebut meski ada yang perlu diperbaiki.

Beberapa perbaikan yang dimaksud adalah infrastruktur di Danau Toba."Terminal airportnya, untuk F1 Powerboat ini masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki," kata Jokowi di Kabupaten Toba, Minggu (26/2) dikutip dari Antara.

Advertisement

Meski demikian, Presiden menganggap hal tersebut wajar karena Indonesia baru pertama kali menggelar kompetisi perahu balap kursi tunggal itu. Jokowi bahkan mengaku baru pertama kali menonton F1 Powerbiat.

"Saya bicara apa adanya, ini sebuah event yang sangat seru sekali," katanya.

FIH2O: BARTEK MARSZALEK JUARA F1 POWERBOAT DANAU TOBA
FIH2O: BARTEK MARSZALEK JUARA F1 POWERBOAT DANAU TOBA (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz)

Jokowi berharap ajang tersebut bersama MotoGP serta Super Bike Mandalika, dan Formula E di Jakarta mampu menumbuhkan perekonomian. Namun hal tersebut perlu dibarengi dengan perbaikan sarana dan prasarana.

"Saya kira semuanya butuh waktu, butuh proses," katanya.

Dalam acara tersebut, Jokowi juga menyerahkan trofi kepada pebalap Tim Strømøy Racing F1H2O yakni Bartek Marszalek yang meraih juara pertama. Namun mantan Wali Kota Solo itu ternyata memiliki jagoan lain.

"Tadi ada yang wanita, Stromoy, ternyata dia seorang musisi yang baik di negaranya," kata Jokowi merujuk pada pebalap asal Norwegia, Marit Stromoy.

Jokowi memantau seri pertama F1 Powerboat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana TNI Yudo Margono.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement