PDIP Belum Juga Putuskan Koalisi, Akan Merapat Ke Mana Jelang 2024?

Ameidyo Daud Nasution
1 Maret 2023, 18:41
pdip, parpol, pilpres 2024
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (tengah) berjalan meninggalkan ruangan usai memimpin Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (23/6/2022).

Pengamat politik menilai jumlah koalisi dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan mencapai tiga unit. Adapun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diperkirakan tak akan bergabung ke Koalisi Perubahan atau KP.

Tiga koalisi yang dimaksud adalah Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, Koalisi Perubahan atau KP, dan Koalisi Indonesia Raya atau KIR. Sedangkan PDIP sebenarnya bisa memajukan calon sendiri karena menguasai parlemen hingga 20 persen.

Anggota KIB adalah Partai Golkar, Partai Amanat Nasional atau PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. Sementara itu, anggota KP adalah Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. Terakhir, anggota KIR adalah Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB.

Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo menilai PDIP akan cenderung masuk ke KIR setelah mengumumkan capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Setelah itu, partai politik dalam KIR akan bernegosiasi dengan PDIP terkait pasangan yang akan diusung.

"Kalau PDIP gabung, Cak Imin akan mengalah. Tinggal itu negosiasi PDIP dan Gerindra," kata Ari dalam diskusi media "MARET: Bulan Reshuffle dan Koalisi Menuju Laga Pilpres", Rabu (1/3).

Dalam simulasi lain, Ari menilai total koalisi partai dapat menjadi dua unit, yakni koalisi penerus warisan Presiden Joko Widodo dan koalisi oposisi. Artinya, KIR dan KIB akan menjadi satu koalisi melawan KP dalam Pilpres tahun depan.

Ari menjelaskan hal tersebut dapat terjadi lantaran KIB dan KIR esensinya mendukung pekerjaan Presiden Jokowi yang belum rampung pasca 2024. Sementara itu, KP merupakan pihak yang berada di luar pemerintahan dan cenderung menjadi oposisi pemerintah di parlemen.

PENUTUPAN RAKERNAS II PDI PERJUANGAN
PENUTUPAN RAKERNAS II PDI PERJUANGAN (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU)

Berbeda, Pendiri Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti berpendapat PDIP akan cenderung berkoalisi dengan KIB. Ray menilai hal tersebut disebabkan Partai Golkar yang pada akhirnya akan mendukung pilihan PDIP terkait capres untuk Pilpres 2024

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...