Jokowi Belum Terima Surat Pengunduran Diri Menpora, Jadi Reshuffle?

Andi M. Arief
2 Maret 2023, 13:30
jokowi, menpora, reshuffle
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Presiden Joko Widodo (kiri) melambaikan tangan kepada penonton saat hadir dalam Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023).

Presiden Joko Widodo belum menerima surat pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali sampai saat ini. Oleh karena itu, Kepala Negara menyatakan belum akan mengganti Amali dalam waktu dekat.

Jokowi mengatakan Sekretariat Negara belum menerima surat pengunduran diri Amali sampai saat ini. Namun Presiden Jokowi mengaku sudah mendengar niat pengunduran diri Amali secara lisan pada 20 Februari 2023.

"Surat pengunduran diri Menpora Amali belum ada, kok diganti," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (2/3)

Sebelumnya Amali telah pamit ke Jokowi pada Senin (20/2) karena dirinya akan fokus mengurus Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Keputusan ini diambil karena ia baru saja terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Menpora Amali sempat hadir bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, dan segenap Executive Comittee PSSI untuk langsung menemui Jokowi di Istana Kepresidenan kemarin.

"Beliau mengizinkan saya fokus di sepak bola," kata Zainudin dalam siaran virtual Sekretariat Presiden, Senin (20/2).

MENPORA KUKUHKAN PRESIDIUM NASIONAL SUPORTER SEPAK BOLA INDONESI
MENPORA KUKUHKAN PRESIDIUM NASIONAL SUPORTER SEPAK BOLA INDONESI (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.)

Jokowi beberapa hari lalu menyatakan belum berencana mereshuffle Erick dan Zainudin karena mengurus PSSI. Jokowi sempat menyinggung beberapa menteri yang saat ini juga menjabat di organisasi olahraga.

Menteri yang dimaksud adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di olahraga dayung, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di olahraga wushu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan di olahraga atletik, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di olahraga pencak silat.


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...