Aturan Segera Rampung, Jokowi Akan Kebut Gasifikasi Batu Bara

Andi M. Arief
7 Maret 2023, 17:57
jokowi, batu bara, dme
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/2/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mempercepat hilirisasi batu bara menjadi Dimethyl Ether atau DME yang dilakukan oleh PT Bukit Asam atau PTBA di Tanjung Enim, Sumatra Selatan. Percepatan yang dimaksud adalah penerbitan Peraturan Presiden atau Perpres terkait proses gasifikasi tersebut.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyatakan percepatan ini merupakan bagian dari optimalisasi batu bara berkalori rendah menjadi DME. Menurutnya, DME tersebut akan perlahan menggantikan impor liquefied petroleum gas atau LPG yang mencapai 7 juta ton per tahun.

"Salah satu yang dibahas adalah PT Bukit Asam yang ada di Sumatra Selatan dan prosesnya masih di Perpres yang sebentar lagi akan selesai," kata Bahlil di Kompleks Istana Merdeka, Selasa (7/3).

Bahlil tidak merinci apakah Perpres yang dimaksud dapat memberikan dukungan terhadap proses gasifikasi tersebut. Namun Bahlul mengatakan salah satu yang dibahas dalam Perpres tersebut adalah hitungan investasi gasifikasi batu bara menjadi DME. 

Sebelumnya, Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso telah meminta pemerintah dan legislator untuk memberikan insentif pada PTBA. Insentif yang dimaksud diharapkan dapat meringankan proses gasifikasi batu bara menjadi DME dalam pabrik PTBA di Tanjung Enim. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...