KPK: 134 Pegawai Pajak Punya Saham di 280 Perusahaan, Pakai Nama Istri

Andi M. Arief
9 Maret 2023, 15:49
kpk, saham, pajak
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan memberikan keterangan pers terkait pemeriksaan Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ada 134 pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki saham. Saham tersebut tersebar di 280 perusahaan tertutup dengan berbagai kegiatan usaha.

Pahala mengatakan hampir seluruh pegawai pajak tersebut mendatarkan kepemilikan saham atas nama istri. "Ini makanya kaget kami 134 ASN punya saham," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kamis (9/3).

Advertisement

Pahala menyampaikan seluruh pegawai tersebut memiliki saham di 280 perusahaan tertutup dengan berbagai kegiatan usaha. Namun Pahala menekankan sedang memeriksa perusahaan yang bergerak dalam usaha konsultan pajak.

"Saya sudah bisik-bisik ke Sekretaris Jenderal Kemenkeu, nanti saya kasih angkanya. Mungkin besok dikasih datanya," kata Pahala.

Pahala menilai kepemilikan saham oleh 134 pegawai pajak tersebut memperlebar potensi tindak pidana korupsi. Pasalnya, wajib pajak bisa memberikan gratifikasi pada perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh pegawai pajak.

Pahala berpendapat hal tersebut secara tidak langsung memperkaya pegawai pajak. Selain itu, jejak aliran gratifikasi semakin sulit untuk ditelusuri mengingat perpindahan uang dari oknum wajib pajak ke pegawai pajak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement