Jokowi, Ganjar, dan Prabowo Blusukan Cek Panen Raya di Kebumen

Andi M. Arief
9 Maret 2023, 17:01
jokowi, ganjar, prabowo
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat panen di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3). Foto: Youtube/'Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo hari ini menyaksikan panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah. Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi sempat blusukan ke sawah bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketiganya tampak berjalan di depan saat melintasi pematang sawah. Sedangkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengikuti dari belakang.

Tampak pula Jokowi memberikan arahan langsung kepada Prabowo dan Ganjar. Ketiganya bahkan sempat melakukan swafoto dengan para petani.

Usai peninjauan, Jokowi lalu memberikan keterangan kepada awak media. Presiden menemukan harga Gabah Kering Panen atau GKP di Jawa Tengah sangat rendah atau senilai Rp 4.200 per kilogram. 

Makanya Jokowi menginstruksikan Badan Pangan Nasional atau NFA untuk menghitung harga GKP yang wajar selama masa panen raya. Jokowi menjelaskan sebagian unsur-unsur yang mempengaruhi harga GKP adalah harga sewa lahan, harga pupuk, dan harga bibit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...