Depo Plumpang: Terminal BBM Raksasa di Tengah Kepungan Pemukiman

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Maret 2023, 21:55
depo plumpang, bbm, pertamina
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Seorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang, Senin (23/12/2019). S

Terminal Bahan Bakar Minyak atau Depo Plumpang Jakarta Utara baru saja terbakar pada akhir pekan lalu. Terminal ini merupakan salah satu fasilitas hilir minyak dan gas bumi stategis yang dimiliki oleh PT Pertamina.

Terminal BBM itu menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia. Depo Plumpang memiliki total kapasitas tangki penyimpanan BBM sebesar 324.535 kiloliter (KL), dengan suplai utama dari Terminal BBM Balongan melalui pipa penyalur sepanjang 210 kilometer.

Selain itu, terminal BBM yang beroperasi sejak 1974 itu juga menerima suplai bahan bakar melalui kapal laut. Sepanjang bulan Februari 2023, total penerimaan BBM yang disuplai ke Depo Plumpang dan Tanjung Priok adalah sebesar 491.485 KL.

Pada masa awal operasi, tempat penyimpanan BBM Plumpang berdiri di atas lahan seluas 48.352 hektare, dengan kapasitas tangki sebesar 60.000 KL. Pemerintah melakukan perluasan kapasitas menjadi 80.000 KL pada 1978 dan meningkat menjadi 200.000 KL pada 1987. Saat ini, kapasitas penyimpanan BBM di Depo Plumpang mencapai 324.535 KL.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan sebelum kejadian kebakaran di area Depo Plumpang pada Jumat, 3 Maret 2023 kemarin, penyaluran BBM rata-rata dari Depo Plumpang dalam satu bulan terakhir sebesar 17.799 KL per hari.

"Terdiri dari Biosolar, Pertamax, Pertalite, Pertamina Dex, Pertamax Turbo, dan Dexlite," kata Agung dalam siaran pers pada Kamis (9/3).

Dikepung Pemukiman

Agung juga menyampaikan bahwa zona penyangga di sekitar Depo Plumpang atau buffer zone juga telah ditetapkan. Hingga tahun 1987 buffer zone Depo Plumpang masih sangat aman, dengan lahan kosong yang luas di sekitarnya.

"Namun seiring berjalannya waktu dan hingga saat ini, area sekitar Depo Plumpang menjadi padat penduduk," ujar Agung.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...