Surya Paloh Bela Gubernur NTT Soal Masuk Sekolah Jam 5.30 Pagi

Ade Rosman
10 Maret 2023, 16:55
surya paloh, masuk sekolah jam 5.30, ntt, viktor laiskodat, nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pidato politiknya dalam Perayaan HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membela kebijakan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat soal siswa masuk sekolah pagi. Viktor mewajibkan siswa SMA dan SMA di Kupang pukul 05.30 pagi.

"Mungkin barangkali itu tidak cocok kalau diterapkan di Jakarta, tapi jangan-jangan cocok di NTT lho, jangan salah. Kita pasti lihat," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (10/3).

Paloh menjelaskan, Laiskodat mungkin sedang melakukan uji coba dengan kebijakannya tersebut. Kebijakan tersebut bisa dijadikan pelajaran jika nantinya tidak berhasil.

"Kalau dia tidak berhasil, dia belajar dari ketidakberhasilan itu. Kalau dia berhasil. kita semua bisa mendapatkan nilai manfaat yang baik," katanya.

KEBIJAKAN AKTIVITAS SEKOLAH JAM LIMA PAGI BERUBAH
KEBIJAKAN AKTIVITAS SEKOLAH JAM LIMA PAGI BERUBAH (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/hp.)

Lebih jauh, Surya menilai ada sisi positif dari kebijakan tersebut. Paloh mengatakan, kebijakan sekolah pukul 05.30 pagi tersebut bisa membangun etos dan kedisiplinan siswa.

Laiskodat yang merupakan kader Partai NasDem awalnya membuat kebijakan sekolah dimulai pukul 05.00 WITA bagi SMA/SMK di Kota Kupang. Dikarenakan banyaknya penolakan dari masharakat, kebijakan tersebut berubah menjadi pukul 05.30 WITA.

Tak hanya siswa, PNS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT juga diwajibkan masuk kerja pukul 05.30 WITA.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...