Mahfud: Transaksi Janggal Ada di Kementerian Lain, Tak Hanya Kemenkeu

Andi M. Arief
10 Maret 2023, 21:17
mahfud, kemenkeu, ppatk, transaksi janggal
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD menyampaikan keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK menemukan transaksi janggal selain di Kementerian Keuangan. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidan Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Mahfud belum lama ini mengumumkan adanya transaksi janggal dengan indikasi Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU di Kementerian Keuangan senilai Rp 300 triliun. Menurutnya, transaksi janggal tersebut terjadi di kementerian lain.

Advertisement

"Sudah pasti ada di kementerian lain. Tidak usah ditanya, sudah pasti dong," kata Mahfud di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jumat (10/3).

Mahfud mengatakan sejauh ini dirinya tidak pernah mempublikasikan nama, nomor rekening, dan angka di nomor rekening seseorang. Selain itu, Mahfud tidak pernah menyebutkan bahwa dana senilai Rp 300 triliun tersebut merupakan hasil tindak pidana korupsi.

Mahfud menjelaskan dana senilai Rp 300 triliun tersebut murni dari hasil TPPU. Dengan kata lain, seluruh dana tersebut diduga merupakan dana yang diberikan kepada pegawai Kementerian Keuangan agar mendapatkan perjanjian khusus.

"Korupsi itu terkait dengan anggaran negara yang dicuri. Oleh Kementerian Keuangan sudah berhasil dikembalikan Rp 7,08 triliun. Nah, yang TPPU dugaanya senilai Rp 300 triliun. Ini akan kami tindak lanjuti," kata Mahfud.

Mahfud menyampaikan dugaan tersebut dikuatkan setelah pengambilan sampel sebanyak tujuh laporan dari 197 laporan yang disampaikan PPATK. Dari proses intelijen keuangan, Mahfud menduga ketujuh laporan tersebut memiliki indikasi TPPU senilai Rp 60 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement