Kenakalan Turis Asing di Bali: Tak Pakai Helm hingga Pelat Nomor Palsu

Ameidyo Daud Nasution
13 Maret 2023, 12:54
turis asing, bali, wna, wisatawan
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Sejumlah turis asing mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm di Jalan Sunset Road, Kuta, Badung, Bali, Selasa (28/2/2023).

Permasalahan tingkah laku turis asing di Bali menjadi sorotan belakangan ini. Beberapa kali viral video turis ugal-ugalan mengendarai kendaraan roda, menggunakan mobil tanpa pelat nomor, hingga mencorat-oret dinding.

Bahkan, hal tersebut sampai menjadi perhatian tersendiri oleh pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Bali tak memerlukan wisatawan asing yang nakal.

"Kami sudah berbicara dengan Pak Gubernur, turis nakal tidak diperlukan di Bali," kata Luhut di Bali pada Jumat (10/3) dikutip dari Antara.

Ujungnya, Gubernur Bali I Wayan Koster melarang wisatawan asing untuk menyewa atau rental motor. Mereka harus bepergian dengan mobil yang disiapkan oleh agen perjalanan.

"Pinjam atau sewa tidak diperbolehkan lagi," kata Koster pada Minggu (13/3).

Selain itu, Koster juga berharap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia meninjau status visa on arrival bagi warga negara Rusia dan Ukraina. Ini karena ia menerima laporan banyaknya laporan pelanggaran di Bali yang dilakukan turis dari dua negara tersebut.

"Negara lain tidak melakukan itu karena pelanggarannya tidak sesignifikan oleh WNA dari dua negara ini," kata dia.

Dikutip dari berbagai sumber, ini beberapa pelanggaran yang belakangan ini dilakukan turis:

1. Pelat nomor palsu

Kepolisian Daerah Bali beberapa waktu belakangan menyelidiki sejumlah wisatwan asing yang memakai pelat nomor kendaraan palsu. Bahkan, ada kendaraan yang menggunakan pelat Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...