Zainudin Amali Mengundurkan Diri, Menko PMK Muhadjir jadi Plt Menpora

Andi M. Arief
13 Maret 2023, 18:53
zainudin amali, muhadjir effendy, menpora
Astra
Menko PMK Muhadjir Effendy.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga. Muhadjir akan mengisi sementara tugas yang ditinggalkan Zainudin Amali.

Zainudin telah resmi mengirimkan surat pengunduran diri ke Jokowi hari ini. Meski demikian, Presiden belum menunjuk penggantinya secara definitif.

"Plt-nya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy," kata Presiden Jokowi dalam Youtube resmi Sekretariat Negara, Senin (13/3).," kata Jokowi di Bali, Senin (13/3) dikutip dari Antara.

Jokowi telah mendapatkan surat pengunduran diri dari Amali dan bertemu dengan kader Partai Golkar tersebut. Surat pengunduran diri juga telah diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara.

ZAINUDIN AMALI RESMI MUNDUR SEBAGAI MENPORA
ZAINUDIN AMALI RESMI MUNDUR SEBAGAI MENPORA (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.)

Sebelumnya, Amali sempat menyampaikan akan membahas pengunduran dirinya dengan Presiden Joko Widodo hari ini. Adapun, surat tersebut diantarkan Amali kepada Sekretaris Negara Pratikno.

"Saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri dari posisi Menteri Pemuda dan Olahraga," kata Amali di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/3) dikutip dari Antara.

Politisi Golkar itu mengatakan alasan pengunduran dirinya karena mengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Ia juga mengaku telah mendapatkan restu Jokowi untuk mengurus sepakbola.

Adapun, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan dirinya telah menyetorkan tiga nama calon Menpora kepada Jokowi. Airlangga menyerahkan kepada presiden soal keputusan nama tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...