Daftar Vonis Ringan Kasus Tragedi Kanjuruhan, Dua Polisi Bebas

Ameidyo Daud Nasution
17 Maret 2023, 11:22
tragedi kanjuruhan, stadion kanjuruhan, polisi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Spanduk bertuliskan 'Justice For Kanjuruhan' terpasang saat suporter mendukung Timnas Indonesia dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 melawan Timnas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Pengadilan Negeri Surabaya telah menjatuhkan vonis bebas terhadap dua polisi terkait kasus tragedi Kanjuruhan. Ini karena majelis hakim menganggap ada faktor lain yang mengakibatkan tragedi di stadion tersebut.

Majelis berpendapat tembakan gas air mata oleh personel kepolisian terdorong angin menuju kerumunan penonton. Hal ini disebut sebagai alasan munculnya kekacauan yang berujung 135 orang meninggal dunia.

Salah satunya adalah mantan Kepala Satuan Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi. Bambang divonis bebas meski sebelumnya dituntut tiga tahun penjara karena dianggap melanggar Pasal 359 KUHP, Pasal 360 ayat (1) KUHP, dan Pasal 360 ayat (2) KUHP.

"Memerintahkan agar terdakwa dibebaskan dari tahanan segera setelah putusan," kata Ketua Majelis Hakim PN Surabaya Abu Achmad Sidqi Amsya dalam sidang di PN Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/3) dikutip dari Antara.

Putusan ini direspons negatif oleh keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Tim Advokasi Tragedi Kanjuruhan (Tatak) mengatakan vonis tersebut tak menunjukkan keadilan bagi para korban.

Ketua Tatak, Imam Hidayat mengatakan sejak awal pihaknya telah menolah laporan model A Kanjuruhan yang disidangkan Laporan model A menggunakan Pasal 359 KUHP untuk para terdakwa. Pasal 359 mengatur hukuman bagi kelalaian yang berujung kematian.

KERICUHAN USAI PERTANDINGAN AREMA MELAWAN PERSEBAYA
KERICUHAN USAI PERTANDINGAN AREMA MELAWAN PERSEBAYA (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.)

Adapun Tatak telah menyorongkan laporan model B. Ini menggunakan Pasal 338 yakni pembunuhan. Oleh sebab itu, Imam dan Tatak akan mendatangi Polres Malang untuk menanyakan kelanjutan laporan model B kasus Kanjuruhan yang masih diproses di tingkat penyelidikan.

"Paling lambat seminggu atau dua minggu (akan bertemu Kapolres Malang," katanya.

Berikut daftar terdakwa yang divonis ringan kasus Kajuruhan:

1. AKP Bambang Sidik Achmadi

Mantan kepala Satuan Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi divonis bebas dalam kasus ini. Vonis yang diberikan hakim lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni tiga tahun penjara.

SIDANG VONIS PERKARA TRAGEDI STADION KANJURUHAN
SIDANG VONIS PERKARA TRAGEDI STADION KANJURUHAN (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.)

Sebelumnya Bambang Sidik dituntut tiga tahun penjara karena dianggap bersalah melanggar Pasal 359 KUHP, Pasal 360 ayat (1) KUHP, dan Pasal 360 ayat (2) KUHP.

2. Kompol Wahyu Setyo Pranoto

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...