Mahfud Sebut Temuan Nilai Transaksi Janggal Capai Rp 349 Triliun

Andi M. Arief
20 Maret 2023, 16:25
mahfud, ppatk, rafael alun, transaksi janggal
Instagram Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan salam komando dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD setelah konferensi pers mengenai temuan transaksi mencurigakan di Kementerian Keuangan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (11/3).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebut total transaksi mencurigakan yang melibatkan pegawai Kementerian Keuangan mencapai Rp 349 triliun. Angka tersebut naik hampir Rp 50 triliun dari dugaan sebelumnya senilai Rp 300 triliun.

Mahfud menjelaskan dana tersebut merupakan nilai perputaran transaksi. Artinya, jumlah uang yang berputar dalam dugaan tindak pidana pencucian uang tersebut lebih kecil dari nilai yang dicurigai.

Mahfud mencontohkan temuan aparat penegak hukum di safe deposit box Rafael Alun Trisambodo senilai Rp 56 miliar. Namun total pergerakan uang mencurigakan pada rekening Rafael mencapai Rp 500 miliar.

"Ini transaksi mencurigakan dan itu banyak melibatkan orang yang punya sentuhan-sentuhan dengan, mungkin, orang Kementerian Keuangan," kata Mahfud dalam konferensi pers, Senin (20/3).

Mahfud mengatakan nilai uang yang terlibat dalam tindak pidana pencucian uang atau TPPI umumnya lebih besar dari korupsi. Pasalnya, aparat penegak hukum acap fokus ke tindak pidana korupsi dan tidak melanjutkan pendidikan ke TPPU.

Mahfud mencatat ada beberapa modus dalam TPPU, yakni:

- Kepemilikan saham pada perusahaan atas nama keluarga

-  Kepemilikan aset atas nama pihak lain

- Membentuk perusahaan cangkang

- Mengelola hasil kejahatan sebagai keuntungan operasional

- Menggunakan rekening atas nama orang lain untuk menyimpan hasil kejahatan

- Menyembunyikan hasil kejahatan dalam safe deposit box atau tempat lain

Mahfud mengatakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan PPATK wajib menelusuri semua modus tersebut. Mahfud bersama Kementerian Keuangan, dan PPATK telah sepakat menjawab dugaan TPPU tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...